RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
................................................
Mata Pelajaran :
BAHASA ARAB
Kelas/Semester :
VII/1
Alokasi Waktu :
2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
1. MENYIMAK / ISTIMA'
(Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk
gagasan ataupun dialog sederhana tentang
التعارف).
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran
(kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang التعارف dengan cara mencocokkan dan membedakan secara tepat.
C.
Tujuan
Pembelajaran
§
Mendengarkan
wacana tentang berkenalan
§
Drill
pelafalan kosakata
§
Tanya jawab tentang isi / materi
D.
Materi
Pembelajaran
TA'ARUF
§ Teks percakapan
§ Isim-isim
dhomir
§ Jenis-jenis profesi
§ Kata Tanya: ma, man,
min
§ Isim
isyarah
§
Membedakan mudzakkar dan
mu'annats
E.
Metode
Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan
informasi tentang التعارف
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok
dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
|
v Pendahuluan :
Apersepsi dan
Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang التعارف
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam
kehidupan
v Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang التعارف (eksplorasi)
§ Siswa membaca
berbagai sumber tentang التعارف (Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa
yang telah dibaca tentang التعارف
(Elaborasi)
§ Siswa bertanya
jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan التعارف (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
Pemahaman Konsep
|
G.
Sumber
Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab kelas VII
§ Kaset tentang perkenalan
§
Media audio visul lain
H.
Assessment / Penilaian
|
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
|
§ Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang
telah didengar
§ Menyebutkan kembali kata-kata / kalimat yang telah
didengar seperti: kata sapaan, jenis profesi dll
|
Tes tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
|
§ Bedakanlah bunyi huruf
hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks
wacana lisan tentang التعارف secara tepat!
§ Sebutkanlah kata-kata / kalimat tentang kata sapaan,
jenis profesi!
|
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
....................................................
|
|
........................., Juli 201...
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
...................................
|
No comments:
Post a Comment