Sekolah : SMP_____________________
Mata Pelajaran : PPKN
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok :
Manusia, masyarakat dan
Norma
Alokasi Waktu : 2 JP
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
1.4
Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara.
4.4 Menyaji hasil pengamatan tentang
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.
INDIKATOR
1.
Mencari tahu mengenai definisi manusia
menurut Notonagoro.
2.
Mencari tahu mengenai definisi manusia
menurut Aristoteles.
3.
Mencari tahu mengenai sifat-sifat yang ada dalam diri manusia.
4.
Mencari tahu mengenai fungsi Norma.
Pertemuan ke-14 ini akan mengkaji mengenai Manusia, masyarakat dan Norma. Agar peserta didik dapat merasakan manfaat
mempelajari PPKn,
guru bisa mengambil contoh-contoh aktual dari lingkungan sosial sekitar atau
keseharian yang diakrabi peserta didik.
a. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta
didik diharapkan mampu :
1.
Menjelaskan mengenai definisi manusia
menurut Notonagoro.
2.
Menjelaskan mengenai definisi manusia
menurut Aristoteles.
3.
Menjelaskan mengenai sifat-sifat yang ada dalam diri manusia.
4.
Memahami mengenai fungsi Norma.
b.
Materi dan Proses Pembelajaran
Materi yang
disampaikan pada pertemuan ini adalah Bab IV, Sub Bab A, yakni Manusia, masyarakat dan Norma. Secara umum, pelaksanaan pembelajaran dibagi atas
tiga tahapan, yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan
penutup.
Kegiatan Pendahuluan
- Guru memastikan kondisi kelas telah kondusif bagi berlangsungnya
proses pembelajaran; menyiapkan media, alat, dan buku yang diperlukan;
memantau kehadiran dan kesiapan peserta didik untuk mengikuti
pembelajaran; serta meminta peserta didik untuk merapikan meja dan bangku
masing-masing.
- Guru mengajukan pertanyaan kepada beberapa peserta didik untuk
menyegarkan ingatan mengenai pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
1.
Menjelaskan mengenai Skema Isi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia
1945.
2.
Menjelaskan mengenai keterangan
Skema Isi Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945.
3.
Menjelaskan mengenai asas pikiran
pada tiap alinea.
4.
Menjelaskan mengenai dasar-dasar yang terkandung pada tiap alinea.
3.
Guru mengemukakan topik yang akan dipelajari dan menjabarkan tujuan
pembelajaran.
Kegiatan Inti
- Guru menyajikan materi (halaman 54) mengenai Manusia,
Masyarakat dan Norma.
- Guru menempelkan beberapa gambar di papan tulis
atau menayangkannya menggunakan LCD Projector. Contoh gambar yang dapat
dipergunakan, antara lain :
Kebiasaan murid
mencium tangan adalah salah satu contoh norma sopan santun
Gambar : menolong
teman yan terjatuh
- Perlu diingat agar keterangan gambar tidak diperlihatkan kepada
peserta didik.
- Guru meminta peserta didik untuk memperhatikan gambar-gambar yang
disediakan dan melakukan analisis untuk mengidentifikasi nilai sosial yang
tampak pada gambar.
- Guru memanggil beberapa peserta didik secara acak dan meminta mereka
menyampaikan hasil analisisnya di depan kelas. Sementara itu, peserta
didik lainnya diperkenankan bertanya atau memberi tanggapan, dengan
senantiasa mengedepankan sikap santun dan saling menghargai pendapat.
- Guru memberi
penjelasan mengenai gambar, tanpa memaksakannya sebagai suatu kebenaran
mutlak, sekaligus
menegaskan bahwa setiap nilai
sosial dapat ditemui dalam setiap segi kehidupan dan semestinya dapat
diteladani oleh peserta didik.
Kegiatan Penutup
- Guru bertanya kepada peserta didik, apakah telah dapat memahami
pengertian Manusia, Masyarakat dan Norma.
- Guru mengajak peserta didik untuk bersama-sama menyimpulkan materi
pembelajaran dan menyampaikan kepada peserta didik bahwa nilai sosial
dapat mendukung terciptanya harmoni di tengah keberagaman masyarakat
sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa.
- Guru mengungkapkan pujian sebagai penghargaan kepada peserta didik
yang telah menunjukkan sikap terpuji selama berlangsungnya pembelajaran,
sekaligus memotivasi untuk terus bergiat mengikuti pembelajaran
selanjutnya.
- Guru memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya mengenai Norma, gambar
dan penerapan Norma dalam kehidupan sehari-hari, Guru mengucapkan salam penutup.
d. Penilaian
- Penilaian terhadap peserta didik dapat dilakukan selama berlangsungnya
proses pembelajaran dan setelah pembelajaran melalui observasi oleh guru.
Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian
peserta didik saat pembelajaran berlangsung, kemampuan menyampaikan
pendapat, juga aspek kerja sama, dan tentunya ketepatan peserta didik pada
saat menjawab pertanyaan dari guru. Adapun rubrik penilaian yang digunakan
adalah sebagai berikut :
NO.
|
NAMA
|
ASPEK YANG DIUKUR
|
JUMLAH
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
dst.
|
||||||||
Keterangan:
Aspek 1 = pertanyaan mengungkap kemampuan
berpikir
Aspek 2 = penjelasan lengkap dan jelas
Aspek 3 = argumen logis dan kuat
Aspek 4 = saran jelas dan logis
Aspek 5 = berbicara lancar
Aspek 6 = bahasa baik/benar
- Untuk
mengukur pengetahuan peserta didik, guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan terkait materi yang disampaikan, misalnya :
1.
Menjelaskan mengenai definisi manusia
menurut Notonagoro.
2.
Menjelaskan mengenai definisi manusia
menurut Aristoteles.
3.
Menjelaskan mengenai sifat-sifat yang ada dalam diri manusia.
4.
Memahami mengenai fungsi Norma.
Contoh
rubrik penilaian yang digunakan untuk mengukur pengetahuan peserta didik adalah
sebagai berikut :
NO.
|
NAMA
|
ASPEK YANG DIUKUR
|
JUMLAH
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
dst.
|
||||||||
Keterangan:
Aspek 1 = pertanyaan mengungkap kemampuan
berpikir
Aspek 2 = penjelasan lengkap dan jelas
Aspek 3 = argumen logis dan kuat
Aspek 4 = saran jelas dan logis
Aspek 5 = berbicara lancar
Aspek 6 = bahasa baik/benar
Jakarta,
201...
Mengetahui
Kepala SMP_______________________, Guru Mata Pelajaran,
______________________ __________________
No comments:
Post a Comment