RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA ...............................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas/Semester : X/1(satu)
Materi
Pembelajaran : Q.S. Al-Baqarah, 2: 30,
Al-Mu’minūn, 23: 12–14 Az-Zariyat, 51: 56, dan An-Nahl, 16: 78
Pendekatan : Pengamalan, pembinaan dan pembiasaan, rasional, emosional, dan fungsional
Metode : Ceramah, demonstrasi, latihan, tanya jawab, dan pemberian
tugas
Waktu :
6 jam pelajaran (3x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan
tugasnya sebagai khalifah di bumi.
B.
Kompetensi Dasar
1.1.
Membaca
Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1.2.
Menyebutkan
arti Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1.3.
Menampilkan
perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al-Baqarah: 30,
Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
C.
Indikator Pencapaian Hasil Belajar
1..1.
Mampu
membaca Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78 dengan baik dan
benar.
1..2.
Mampu
mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1..1.
Mampu
mengartikan per kata dengan benar dari Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14,
Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl:
78.
1..2.
Mampu
mengartikan per ayat dengan benar Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1..3.
Mampu
menerjemahkan dengan benar Q.S.
Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1.3.1. Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah
dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1.3.2. Mampu mempraktekkan perilaku khalifah sesuai dengan Q.S.
Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1.3.3. Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam
kehidupan.
D.
Uraian Materi Pembelajaran
Materi pokok: Q.S.
Al-Baqarah, 2: 30, Al-Mu’minūn, 23: 12–14, Az-Zariyat, 51: 56, dan An-Nahl, 16: 78.
Uraian materi pokok:
- Surah
Al-Baqarah, 2: 30 tentang peranan manusia sebagai khalifah.
·
Bacaan
dan penjelasan bacaan (tajwid).
·
Terjemahan
harfiah (per kata) dan terjemahan ayat.
·
Kesimpulan
dan penjelasan.
- Surah
Al-Mu’minūn, 23: 12–14 tentang kejadian manusia
- Bacaan
dan penjelasan bacaan (tajwid).
- Terjemahan
harfiah (per kata) dan terjemahan ayat.
- Kesimpulan
dan penjelasan.
- Surah Az-Zariyat, 51: 56 tentang tugas manusia
- Bacaan
dan penjelasan bacaan (tajwid).
- Terjemahan
harfiah (per kata) dan terjemahan ayat.
- Kesimpulan
dan penjelasan.
- Surah
An-Nahl, 16: 78 tentang kewajiban manusia untuk bersyukur
- Bacaan
dan penjelasan bacaan (tajwid).
- Terjemahan
harfiah (per kata) dan terjemahan ayat.
- Kesimpulan
dan penjelasan.
E.
Pengalaman Belajar
§ Membaca dengan fasih Q.S. Al-Baqarah, 2:
30, Al-Mu’minūn, 23: 12–14, Az-Zariyat, 51: 56, dan An-Nahl, 16: 78.
§ Mengindentifikasi tajwid Q.S. Al-Baqarah,
2: 30, Al-Mu’minūn, 23: 12–14, Az-Zariyat, 51: 56, dan An-Nahl, 16: 78.
§ Mengartikan secara per kata dan per ayat dari
ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
§ Mengidentifikasi perilaku khalifah
sebagaimana tercantum dalam ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
§ Mempraktekkan dan menunjukkan perilaku
khalifah dalam kehidupan.
§ Mengerjakan soal-soal latihan dari materi
pembelajaran tersebut.
§ Mengikuti ulangan harian dari materi
pembelajaran tersebut.
F.
Media Pembelajaran
1. Alat : - Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag
- Notebook dan lingkungan
sekitar
2. Sumber bahan: - Buku Pendidikan Agama Islam Kelas X, Margono
dkk, Yudhistira
- Modul Pista, Setiaji
G.
Skenario Pembelajaran
- Pendahuluan
1. Tadarus Al-Qur’an (5–10 menit)
2. Apersepsi
3. Informasi indikator pencapaian hasil belajar
- Kegiatan
Inti
1. Membaca dengan fasih, benar, dan baik
sesuai dengan tajwid Q.S. Al-Baqarah, 2: 30, Al-Mu’minūn, 23: 12–14, Az-Zariyat, 51: 56, dan An-Nahl, 16: 78.
2. Mengartikan ayat-ayat Al-Qur’an tersebut
secara per kata dan per ayat.
3. Tanya jawab dan diskusi tentang kandungan
ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
4. Menjelaskan perilaku manusia sebagai
khalifah.
- Penutup
1. Menyimpulkan materi.
2. Post test.
3. Pemberian tugas mengerjakan soal-soal
latihan yang terdapat dalam buku Pendidikan Agama Islam Kelas X.
H.
Penilaian
No
|
Ranah
Penilaian
|
Indikator
yang diukur
|
Aspek yang dinilai
|
Bentuk
Penilaian
|
Alat
Penilaian
|
Skor
Nilai
|
Nilai
|
Ket.
|
1
|
Kognitif
|
Kefasihan
Dan Pemahaman
|
Lisan dan
tes tulis
|
Soal Lisan
Soal Essay
|
20
|
Perorangan
|
||
2
|
Afektif
|
Penilaian
Proses
|
Pengamatan
|
Lembar
Pengamatan
Proses
|
30
|
|||
3
|
Psikomotorik
|
Adab
Membaca
Quran
|
Pengamatan
prilaku
|
50
|
||||
Jumlah
|
100
|
.........................., 201..
Mengetahui, Guru
mata pelajaran
Kepala Sekolah
.................................... .......................................
NIP. ..
No comments:
Post a Comment