RPP PAI SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMA ...............................
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            : X/1(satu)
Materi Pembelajaran   : Q.S. Al-Baqarah, 2: 30, Al-Mu’minūn, 23: 12–14 Az-Zariyat, 51: 56, dan An-Nahl, 16: 78
Pendekatan                 : Pengamalan, pembinaan dan pembiasaan, rasional, emosional, dan fungsional
Metode                       : Ceramah, demonstrasi, latihan, tanya jawab, dan pemberian tugas
Waktu                         : 6 jam pelajaran (3x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.

B.     Kompetensi Dasar
1.1.            Membaca Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1.2.            Menyebutkan arti Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1.3.            Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.

C.    Indikator Pencapaian Hasil Belajar
1..1.          Mampu membaca Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78 dengan baik dan benar.
1..2.          Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1..1.          Mampu mengartikan per kata dengan benar dari Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1..2.          Mampu mengartikan per ayat dengan benar Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1..3.          Mampu menerjemahkan dengan benar  Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1.3.1.      Mampu mengidentifikasi perilaku khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1.3.2.      Mampu mempraktekkan  perilaku khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minūn: 12–14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
1.3.3.      Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.

D.    Uraian Materi Pembelajaran
Materi pokok: Q.S. Al-Baqarah, 2: 30, Al-Mu’minūn, 23: 12–14, Az-Zariyat, 51: 56, dan An-Nahl, 16: 78.
Uraian materi pokok:
  1. Surah Al-Baqarah, 2: 30 tentang peranan manusia sebagai khalifah.
·         Bacaan dan penjelasan bacaan (tajwid).
·         Terjemahan harfiah (per kata) dan terjemahan ayat.
·         Kesimpulan dan penjelasan.
  1. Surah Al-Mu’minūn, 23: 12–14 tentang kejadian manusia
    • Bacaan dan penjelasan bacaan (tajwid).
    • Terjemahan harfiah (per kata) dan terjemahan ayat.
    • Kesimpulan dan penjelasan.
  2. Surah Az-Zariyat, 51: 56 tentang tugas manusia
    • Bacaan dan penjelasan bacaan (tajwid).
    • Terjemahan harfiah (per kata) dan terjemahan ayat.
    • Kesimpulan dan penjelasan.
  3. Surah An-Nahl, 16: 78 tentang kewajiban manusia untuk bersyukur
    • Bacaan dan penjelasan bacaan (tajwid).
    • Terjemahan harfiah (per kata) dan terjemahan ayat.
    • Kesimpulan dan penjelasan.

E.     Pengalaman Belajar
§  Membaca dengan fasih Q.S. Al-Baqarah, 2: 30, Al-Mu’minūn, 23: 12–14, Az-Zariyat, 51: 56, dan An-Nahl, 16: 78.
§  Mengindentifikasi tajwid Q.S. Al-Baqarah, 2: 30, Al-Mu’minūn, 23: 12–14, Az-Zariyat, 51: 56, dan An-Nahl, 16: 78.
§  Mengartikan secara per kata dan per ayat dari ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
§  Mengidentifikasi perilaku khalifah sebagaimana tercantum dalam ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
§  Mempraktekkan dan menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan.
§  Mengerjakan soal-soal latihan dari materi pembelajaran tersebut.
§  Mengikuti ulangan harian dari materi pembelajaran tersebut.

F.     Media Pembelajaran
1.      Alat :  - Al-Qur’an dan terjemahnya, Depag
-  Notebook dan lingkungan sekitar
2.      Sumber bahan:  - Buku Pendidikan Agama Islam Kelas X, Margono dkk, Yudhistira
 - Modul Pista, Setiaji

G.    Skenario Pembelajaran
  1. Pendahuluan
1.      Tadarus Al-Qur’an (5–10 menit)
2.      Apersepsi
3.      Informasi indikator pencapaian hasil belajar
  1. Kegiatan Inti
1.      Membaca dengan fasih, benar, dan baik sesuai dengan tajwid Q.S. Al-Baqarah, 2: 30, Al-Mu’minūn, 23: 12–14, Az-Zariyat, 51: 56, dan An-Nahl, 16: 78.
2.      Mengartikan ayat-ayat Al-Qur’an tersebut secara per kata dan per ayat.
3.      Tanya jawab dan diskusi tentang kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tersebut.
4.      Menjelaskan perilaku manusia sebagai khalifah.
  1. Penutup
1.      Menyimpulkan materi.
2.      Post test.
3.      Pemberian tugas mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat dalam buku Pendidikan Agama Islam Kelas X.




H.    Penilaian

No
Ranah
Penilaian
Indikator yang diukur
Aspek  yang dinilai
Bentuk
Penilaian
Alat
Penilaian
Skor
Nilai
Nilai
Ket.
1
Kognitif

Kefasihan
Dan Pemahaman
Lisan        dan
tes tulis
Soal Lisan
Soal Essay
20

Perorangan
2
Afektif

Penilaian
Proses
Pengamatan
Lembar
Pengamatan
Proses
30


3
Psikomotorik

Adab
Membaca
Quran
Pengamatan
prilaku

50



Jumlah




100





  ..........................,                    201..
Mengetahui,                                                                            Guru mata pelajaran   
Kepala Sekolah                                                                                                                                  



....................................                                                           .......................................

NIP. ..

No comments:

Post a Comment

ads