RPP BTQ SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
SMP ..................
Mata Pelajaran
:
Baca Tulis Al-Qur’an
Kelas / Semester
:
IX / 1
Standar Kompetensi
:
1.         Membaca, Menghafalkan dan mengamalkan Al-Qur’an
Kompetensi Dasar
:
1.1.1        Membaca Surat Al-Fajr
Alokasi Waktu           
:
4 X  40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat Membaca Surat Al-Fajr dengan benar.

Karakter siswa yang diharapkan :       
Kereligiusan, Kejujuran, Kecerdasan, Ketangguhan, Kedemokratisan, Kepedulian
Kemandirian, Berjiwa kepemimpinan, Kerja keras, Tanggung jawab, Kedisiplinan, Percaya diri, Keingintahuan, Cinta ilmu, Kesadaran akan hak dan kewajiban diri dan orang lain, Menghargai  karya dan prestasi orang lain, Kesantunan, Menghargai keberagaman

Materi Pembelajaran   
  • Quran Surat Al-Fajr

Metode Pembelajaran 
  • Praktik Membaca Al-Quran
  • Menghafal Al-Qur’an
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi
  • Guru bersama-sama siswa membaca surat Al-Fajr
  • Guru memilih beberapa siswa untuk di evaluasi kemampuannya dalam membaca surat Al-Fajr
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
  • Guru memberikan tugas bagi siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk menjadi tutor temannya yang kurang memiliki kemampuan dalam membaca surat Al-Fajr

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menyajikan Quran Surat Al-Fajr
2).  Elaborasi

·         Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan mentor yang telah dievaluasi .
3) Konfirmasi
·         Guru bertindak sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?

Sumber Belajar           
·        Mushaf Al-Qur’an



Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Membaca quran surat Al-Fajr


Tes unjuk kerja


Tes identifikasi


§  Bacalah Quran surat Al-Fajr dengan benar
                                                   يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيْمِ

Rubrik/Pedoman penilaian:
Aspek yg dinilai
Indikator kemampuan
Nilai
·  Kelancaran
·  Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah
·  Makhraj
·  Membaca dengan lancar
·  Tidak melakukan kesalahan bacaan dan makhrajnya
90
·  Membaca dengan lancar
·  Melakukan 75 % kesalahan bacaan dalam surat Al-Fajr serta makhrajnya
85
·  Melakukan 50 % kesalahan bacaan dalam surat albayinah serta makhrajnya
80
·  Melakukan 25 % kesalahan bacaan dalam surat albayinah serta makhrajnya
75
·  Tidak bisa membaca Quran Surat Al-Fajr dengan Baik
70



Lembar Instrumen Penilaian
No
Tanggal
Nama Siswa
Kesalahan Bacaan
Skor
Ket








































Mengetahui
Kepala sekolah,





..................
NIP. ......................
...........................,   Juli 201...
Guru Mata Pelajaran





.....................................
NIP. 1........................................

No comments:

Post a Comment

ads