RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP ..................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Baca Tulis
Al-Qur’an
|
Kelas / Semester
|
:
|
IX / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
Membaca, Menghafalkan dan mengamalkan
Al-Qur’an
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1.1
Membaca Surat Al-Fajr
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 menit ( 1
pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Membaca Surat Al-Fajr dengan benar.
Karakter siswa yang diharapkan :
Kereligiusan,
Kejujuran, Kecerdasan, Ketangguhan, Kedemokratisan, Kepedulian
Kemandirian,
Berjiwa kepemimpinan, Kerja keras, Tanggung jawab, Kedisiplinan, Percaya diri,
Keingintahuan, Cinta ilmu, Kesadaran akan hak dan kewajiban diri dan orang
lain, Menghargai karya dan prestasi
orang lain, Kesantunan, Menghargai keberagaman
Materi
Pembelajaran
- Quran Surat Al-Fajr
Metode
Pembelajaran
- Praktik Membaca Al-Quran
- Menghafal Al-Qur’an
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi
- Guru
bersama-sama siswa membaca surat Al-Fajr
- Guru memilih
beberapa siswa untuk di evaluasi kemampuannya dalam membaca surat Al-Fajr
- Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap
kelompok.
- Guru memberikan tugas bagi siswa
yang memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk menjadi tutor temannya
yang kurang memiliki kemampuan dalam membaca surat Al-Fajr
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
menyajikan Quran Surat Al-Fajr
2).
Elaborasi
·
Siswa
berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan
bimbingan mentor yang telah dievaluasi .
3) Konfirmasi
·
Guru
bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
·
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber
Belajar
·
Mushaf
Al-Qur’an
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Membaca
quran surat Al-Fajr
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
§
Bacalah
Quran surat Al-Fajr dengan benar
يَوْمَئِذٍ عَنِ
النَّعِيْمِ
|
Rubrik/Pedoman
penilaian:
Aspek yg dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
·
Kelancaran
·
Bacaan
Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah
·
Makhraj
|
· Membaca dengan lancar
· Tidak melakukan
kesalahan bacaan dan makhrajnya
|
90
|
· Membaca dengan lancar
· Melakukan 75 % kesalahan
bacaan dalam surat Al-Fajr serta makhrajnya
|
85
|
|
· Melakukan 50 %
kesalahan bacaan dalam surat albayinah serta makhrajnya
|
80
|
|
· Melakukan 25 %
kesalahan bacaan dalam surat albayinah serta makhrajnya
|
75
|
|
· Tidak bisa membaca
Quran Surat Al-Fajr dengan Baik
|
70
|
|
Lembar
Instrumen Penilaian
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Kesalahan Bacaan
|
Skor
|
Ket
|
Mengetahui
Kepala sekolah,
..................
NIP. ......................
|
..........................., Juli 201...
Guru Mata Pelajaran
.....................................
NIP. 1........................................
|
No comments:
Post a Comment