PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN
MINIMAL
( KKM )
|
||||
|
||||
RAMBU-RAMBU
- KKM
ditetapkan pada awal tahun pelajaran
- KKM
ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
- KKM
dinyatakan dalam bentuk persentase berkisar antara 0 – 100
- Kriteria
ditetapkan untuk masing-masing Indikator
Pencapaian Kompetensi
idealnya berkisar 75%
- Sekolah
dapat menetapkan KKM di bawah kriteria ideal
- Dalam
menentukan KKM dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta
didik, kompleksitas Indikator
Pencapaian Kompetensi dan
kemampuan sumber daya pendukung.
- KKM dapat
di cantumkan dalam LHBS sesuai model yang dipili sekolah.
CONTOH LANGKAH-LNGKAH YANG
MENGGUNAKAN KKM
![]() |
KRITERIA
PENERAPAN KKM
- Kompleksitas Indikator
Pencapaian Kompetensi (Kesulitan & Kerumitan)
- Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan, dan
biaya)
- Intake siswa (masukan kemapuan siswa)
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .................................
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Nilai KKM : ..............
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
KOMPLEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
INTEKS
SISWA
|
KKM
|
|
|
GURU
|
SARANA/
PRASARANA
|
||||||
|
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka
bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
|
· Mengidentifikasi
bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut
· Mendeskripsikan proses
alam endogen yang menyebabkan
terjadinya bentuk muka bumi.
· Mendeskripsikan gejala
diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
· Mendeskripsikan
faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
· Mendeskripsikan proses pelapukan
· Mendeskripsikan proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya,
dampaknya.
· Memberikan contoh
bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
· Mengidentifikasi dampak
positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta
upaya penanggulangannya.
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM KOMPETENSI DASAR 1.1.
|
|
|||||
|
|
1.2.Mendeskripsikan kehidupan
pada masa pra-aksara di Indonesia.
|
· Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa praaksara
· Mengidentifikasi jenis-
jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
·
Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan
kehidupan yang dipergunakan.
· Mengidentiifikasi
peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
· Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di
Nusantara dengan atlas sejarah.
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM KOMPETENSI DASAR 1.2.
|
|
|||||
|
KKM
STANDAR KOMPETENSI 1
|
|
||||||
|
2.
Memahami kehidupan sosial manusia
|
2.1 Mendeskripsikan
interaksi sebagai proses sosial
|
· Menjelaskan pengertian
interaksi sosial.
· Menjelaskan kaitan
interaksi sosial dan proses sosial.
· Menjelaskan pengaruh
interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM KOMPETENSI DASAR 2.1
|
|
|||||
|
|
2.2 Mendeskripsikan
sosialisasi sebagai proses pembentukan
kepribadian
|
· Menjelaskan pengertian
dan pentingnya proses sosialisasi.
· Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.
· Menguraikan
fungsi sosialisasi
dalam
pembentukan kepribadian.
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM KOMPETENSI DASAR 2.2
|
|
|||||
|
|
2.3 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
|
· Menjelaskan
syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
· Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial.
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM KOMPETENSI DASAR 2.3
|
|
|||||
|
|
2.4 Mengurai-kan proses
interaksi sosial
|
· Mengidentifikasi proses sosial
asosiatif .
· Memberi contoh proses
sosial disosiatif.
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM KOMPETENSI DASAR 2.4
|
|
|||||
|
KKM
STANDAR KOMPETENSI 2
|
|
||||||
|
3.
Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
|
3.1.Mendes-krepsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
yang bermoral dalam memenui kebutuh-an
|
· Mendefinisikan makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk
ekonomi yang bermoral
· Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yangbermoral
· Mewujudkan hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai
makhluk sosial & ekonomi yang
bermoral
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM KOMPETENSI DASAR 3.1
|
|
|||||
|
|
3.2.Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan
prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
|
· Mendeskripsikan
perilaku manusia dalam memanfaatkan
sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dengan melakukan
berbagai tindakan ekonomi
· Mendeskripsikan
berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia
· Mendefinisikan
pengertian motif dan prinsip ekonomi.
· Mengidentifikasi
macam-macam motif dan prinsip ekonomi.
· Mengaplikasikan kegiatan
/ tindakan ekonomi
sehari-hari berdasar motif dan prinsip
ekonomi.
· Mengidentifikasi
manfaat /pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
|
|
KKM KOMPETENSI DASAR 3.2
|
|
|||||
|
KKM
STANDAR KOMPETENSI 3
|
|
||||||
|
KKM SEMESTER 1 (SATU)
|
|
||||||
Catatan :
*) Diisi prosentase jumlah siswa yang mencapai
ketuntasan sesuai dengan rentang
nilai yang tercantum dalam format
analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).
Catatan :
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
......................................
|
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS
( …………………………………. )
NIP/NIK :
......................................
|

No comments:
Post a Comment