KKM IPS MTS-SMP

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )
Penetapan KKM
 
Analisis Pencapai
KKm
 
 









RAMBU-RAMBU
  • KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
  • KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
  • KKM dinyatakan dalam bentuk persentase berkisar antara 0 – 100
  • Kriteria ditetapkan untuk masing-masing Indikator  Pencapaian Kompetensi     idealnya berkisar 75%
  • Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah kriteria ideal
  • Dalam menentukan KKM dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas Indikator  Pencapaian Kompetensi  dan kemampuan sumber daya pendukung.
  • KKM dapat di cantumkan dalam LHBS sesuai model yang dipili sekolah.
                                                                                                                                                                                          
CONTOH LANGKAH-LNGKAH YANG MENGGUNAKAN KKM

 














KRITERIA PENERAPAN KKM
  • Kompleksitas Indikator  Pencapaian Kompetensi (Kesulitan & Kerumitan)
  • Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan, dan biaya)
  • Intake siswa (masukan kemapuan siswa)


 KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : .................................
Kelas/Semester     : VII/1
Mata Pelajaran    : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Nilai KKM            : ..............

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPLEKSITAS
DAYA DUKUNG
INTEKS
SISWA
KKM
GURU
SARANA/
PRASARANA
1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia
1.1  Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
·   Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut

·   Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan   terjadinya     bentuk muka bumi.

·   Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.

·   Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.

·   Mendeskripsikan  proses pelapukan
·   Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.

·   Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.

·   Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.







KKM  KOMPETENSI DASAR 1.1.


1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.

·  Menjelaskan pengertian  dan kurun waktu masa praaksara
·  Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
·  Mendeskripsikan perkembangan kehidupan  pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
·  Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
·  Melacak  kedatangan dan  persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.






KKM  KOMPETENSI DASAR 1.2.

KKM STANDAR KOMPETENSI 1

2. Memahami kehidupan sosial manusia
2.1  Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial


·   Menjelaskan pengertian interaksi sosial.

·   Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial.

·   Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.







KKM  KOMPETENSI DASAR  2.1


2.2  Mendeskripsikan sosialisasi sebagai  proses pembentukan kepribadian




·   Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses sosialisasi.

·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.

·   Menguraikan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.







KKM  KOMPETENSI DASAR  2.2


2.3  Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial


·   Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.

·   Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.







KKM  KOMPETENSI DASAR  2.3


2.4  Mengurai-kan proses interaksi sosial


·   Mengidentifikasi proses sosial asosiatif .

·   Memberi contoh proses sosial disosiatif.






KKM  KOMPETENSI DASAR  2.4

KKM STANDAR KOMPETENSI  2

3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
3.1.Mendes-krepsikan  manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang  bermoral dalam memenui kebutuh-an







·   Mendefinisikan  makna manusia sebagai    makhluk sosial  dan makhluk  ekonomi yang bermoral

·   Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yangbermoral

·   Mewujudkan  hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai makhluk sosial & ekonomi   yang bermoral







KKM  KOMPETENSI DASAR  3.1


3.2.Mengidentifikasi  tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

·   Mendeskripsikan perilaku  manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dengan melakukan berbagai tindakan ekonomi

·   Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia

·   Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip  ekonomi.

·   Mengidentifikasi macam-macam motif  dan prinsip  ekonomi.

·   Mengaplikasikan  kegiatan  /  tindakan ekonomi sehari-hari  berdasar motif dan   prinsip   ekonomi.

·   Mengidentifikasi manfaat /pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.






KKM  KOMPETENSI DASAR  3.2

KKM STANDAR KOMPETENSI  3

KKM SEMESTER 1 (SATU)


Catatan :

*)  Diisi prosentase  jumlah siswa yang  mencapai  ketuntasan  sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format  analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).


Catatan  :





Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ......................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS



( …………………………………. )
NIP/NIK : ......................................

No comments:

Post a Comment

ads