RPP PAI SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah
:
SMP ......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
:
VII / 2
Standar Kompetensi
:
9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Kompetensi Dasar
:
9.1. Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat menguasai konsep mengenai hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Pengertian nun mati/tanwin
  • Pengertian mim mati
  • Pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin
  • Pembagian hukum bacaan mim mati

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan nun mati/tanwin.
·         Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian nun mati/tanwin serta pembagiannya.
2).  Elaborasi
·         Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf izhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan iqlab.
·         Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan iqlab.
·         Guru menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan mim mati.
·         Guru memberi penjelasan singkat mengenai pengertian mim mati serta pembagiannya.
·         Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.
·         Siswa berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.
3) Konfirmasi
  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
  • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar           
·        Buku Pendidikan Agama Islam untuk SMP
·        Mushaf Al-Qur’an
·        Internet

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menjelaskan pengertian nun mati/tanwin.
§  Menjelaskan pengertian mim mati.
§  Menyebutkan contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
Tes tertulis

Tes uraian

§  jelaskan pengertian nun mati/tanwin.
§  jelaskan pengertian mim mati.
§  Sebutkan contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
§  Buatlah skema pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin!
§  Sebutkan huruf-huruf izhar!
§  Sebutkan huruf-huruf idgham bighunnah dan bilaghunnah!
§  Sebutkan huruf-huruf ikhfa’!
§  Sebutkan huruf iqlab!
§  Buatlah skema pembagian hukum bacaan mim mati!
§  Sebutkan huruf-huruf izhar syafawi!
§  Sebutkan huruf-huruf ikhfa’ suafawi!
§  Sebutkan huruf idgham mimi!
§  Apakah perbedaan izhar khalqi dengan izhar syafawi?






Mengetahui
Kepala sekolah,





..............................
NIP. ..
........................,                          201...
Guru Mata Pelajaran,






.........................................
NIP. ...

No comments:

Post a Comment

ads