RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
| 
Sekolah | 
: | 
SMP ...................................... | 
| 
Mata Pelajaran | 
: | 
Pendidikan Agama Islam | 
| 
Kelas / Semester | 
: | 
VII / 2 | 
| 
Standar Kompetensi | 
: | 
9. Menerapkan
  hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati | 
| 
Kompetensi Dasar | 
: | 
9.1. Menjelaskan
  hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati | 
| 
Alokasi Waktu             | 
: | 
2 
  X  40 menit ( 1 pertemuan) | 
Tujuan
Pembelajaran  
- Siswa dapat menguasai konsep mengenai hukum
     bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
Karakter  siswa yang
diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
) 
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran    
- Pengertian nun mati/tanwin
- Pengertian mim mati
- Pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin
- Pembagian hukum bacaan mim mati
Metode
Pembelajaran  
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Guru
     bertanya mengenai ilmu tajwid.
- Guru
     memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
- Guru memilih
     beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas
     rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi
     beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap
     kelompok.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·        
Guru
menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan nun
mati/tanwin.
·        
Guru
memberi penjelasan singkat mengenai pengertian nun
mati/tanwin serta pembagiannya.
2). 
Elaborasi 
·        
Siswa
mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf
izhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan iqlab.
·        
Siswa
berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, ikhfa’, dan
iqlab.
·        
Guru
menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan mim mati.
·        
Guru
memberi penjelasan singkat mengenai pengertian mim
mati serta pembagiannya.
·        
Siswa
mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan huruf-huruf
izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.
·        
Siswa
berdiskusi dan mengidentifikasi lafaz yang mengandung bacaan izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mimi.
3) Konfirmasi 
- Guru
     bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa 
- Guru bersama siswa bertanya
     jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup 
- bersama-sama
     dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
- melakukan
     penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
     secara konsisten dan terprogram;
- memberikan
     umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- merencanakan
     kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program
     pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
     individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
- menyampaikan
     rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Sumber
Belajar            
·       
Buku Pendidikan Agama Islam untuk SMP
·       
Mushaf
Al-Qur’an
·       
Internet
Penilaian                      
| 
Indikator Pencapaian
  Kompetensi | 
Teknik
  Penilaian | 
Bentuk
  Instrumen | 
Instrumen /
  Soal | 
| 
§ 
  Menjelaskan
  pengertian nun mati/tanwin. 
§ 
  Menjelaskan
  pengertian mim mati. 
§ 
  Menyebutkan
  contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati. | 
Tes tertulis | 
Tes uraian | 
§ 
  jelaskan
  pengertian nun mati/tanwin. 
§ 
  jelaskan
  pengertian mim mati. 
§ 
  Sebutkan
  contoh-contoh bacaan nun mati/tanwin dan mim mati. 
§ 
  Buatlah
  skema pembagian hukum bacaan nun mati/tanwin! 
§ 
  Sebutkan
  huruf-huruf izhar! 
§ 
  Sebutkan
  huruf-huruf idgham bighunnah dan bilaghunnah! 
§ 
  Sebutkan
  huruf-huruf ikhfa’! 
§ 
  Sebutkan
  huruf iqlab! 
§ 
  Buatlah
  skema pembagian hukum bacaan mim mati! 
§ 
  Sebutkan
  huruf-huruf izhar syafawi! 
§ 
  Sebutkan
  huruf-huruf ikhfa’ suafawi! 
§ 
  Sebutkan
  huruf idgham mimi! 
§ 
  Apakah
  perbedaan izhar khalqi dengan izhar syafawi? | 
| 
Mengetahui 
Kepala sekolah, 
.............................. 
NIP. .. | 
........................,                          201... 
Guru Mata Pelajaran, 
......................................... 
NIP. ... | 
No comments:
Post a Comment