Thursday, January 21, 2021

7.2 RPP I PAI Kelas 7 - Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-Malaikat Allah Swt.

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah              : SMPN 1 Tanjung Lago

Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester        : VII / 2 (Genap)

Alokasi Waktu        : 3 JP @40 Menit

Materi Pokok     : Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-Malaikat Allah Swt.

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Menjelaskan tugas-tugas malaikat.

·         Menerangkan keterkaitan tugas malaikat dengan perbuatan.

 

Media/Alat, Bahan & Sumber Belajar

v   

Media/Alat

:

Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an

v   

Bahan

:

Perangkat Keras (spidol, papan tulis, Laptop) Perangkat Lunak (Internet, WhatsApp, dll)

v   

Sumber Belajar

:

Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016

 

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Ke-2

Pendahuluan (15 menit)

1.

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

2.

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

3.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Tugas-tugas malaikat.

4.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

 

Kegiatan Inti

(90 Menit)

KEGIATAN LITERASI

·         Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Tugas-tugas malaikat.

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

·         Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Tugas-tugas malaikat.

COLLABORATION (KERJASAMA)

·         Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Tugas-tugas malaikat.

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

CREATIVITY (KREATIVITAS)

·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Tugas-tugas malaikat. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup (15 menit)

1.

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

2.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.




 

C.     PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

§  Penilaian Skala Sikap

§  Penilaian “Membaca dengan Tartil”

§  Penilaian Diskusi

 

Mengetahui                                                                                                          Banyuasin,  Januari 2020

Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

…………………….                                                                       Anis Susanti, M.Pd.I

NIP.                                                                                                                      NIP. 19840801 201001 2 018

ads