RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
Nama Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan Islam
SKS : 2 SKS
Dosen : Dr. Filsafat, MA.
Jurusan/Program Studi : Tarbiyah/ Pendidikan Agama Islam
Prasyarat : Filsafat Umum, Ilmu Pendidikan
Waktu Perkuliahan : Semester Genap
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal yang terkait dengan penelitian, dimulai dari; pengertian filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan perspektif Islam, obyek kajian filsafat pendidikan (kosmologi, ontologi, epistemologi dan aksiologi), analisis filsafat tentang pendidikan, fungsi dan tugas filsafat pendidikan, konsep manusia berkualitas menurut al-Qur’an dan upaya pendidikan, tinjauan filsafat pendidikan Islam terhadap kurikulum, esensi metode dalam perspektif filsafat pendidikan Islam, perbedaan pendidikan Islam dan pendidikan Barat dari sudut pandang metode keilmuan, pembaharuan Pendidikan Islam.
PENGALAMAN BELAJAR
Pengalaman belajar yang dikembangkan dalam kegiatan perkuliahan ini meliputi kegiatan penalaran berbagai hal tentang Filsafat Pendidikan yang dilakukan melalui kegiatan tatap muka di kelas berupa kegiatan ceramah dan diskusi kelompok, kegiatan terstruktur yang dilakukan melalui resitasi melalui perbaikan makalah individu.
EVALUASI HASIL BELAJAR
Keberhasilan dalam mengikuti mata kuliah ini didasarkan atas penilaian terhadap hasil-hasil pekerjaan mahasiswa, yang memenuhi persyaratan kehadiran minimal 75%, dalam meyelesaikan tugas (bobot 1), ujian tengah semester (bobot 2), dan ujian akhir semester (bobot 2). Skor akhir akan diolah dengan menggunakan Acuan Norma dan dikonversi ke dalam nilai A, B, C, D, E.
URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN
|
Pertemuan ke |
Tujuan Umum Perkuliahan |
Pokok Bahasan/ Sub Pokok Bahasan |
|
1 |
Mahasiswa memahami Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Perspektif Islam |
Pengertian filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan perspektif Islam |
|
2 |
Mahasiswa memahami Obyek Kajian Filsafat Pendidikan |
Obyek kajian filsafat pendidikan (kosmologi, ontologi, epistemologi dan aksiologi) |
|
3 |
Mahasiswa memahami filsafat |
Analisis filsafat tentang pendidikan |
|
4 |
Mahasiswa memahami |
Fungsi dan tugas filsafat pendidikan |
|
7 dan 8 |
Mahasiswa memahami konsep manusia berkualitas menurut al-Qur’an dan upaya pendidikan |
Konsep manusia berkualitas menurut al-Qur’an dan upaya pendidikan a. Konsep manusia dalam al-Qur'an b. Fungsi manusia menurut al-Qur'an (terhadap pribadi, masyarakat, alam dan lingkungan, Allah swt). c. Manusia berkualitas menurut al-Qur'an (kualitas iman, kualitas intelektual, kualitas amal saleh, kualitas sosial) d. Upaya pendidikan bagi pemberdayakan manusia unggul |
|
9 dan 10 |
Mahasiswa memahami tinjauan filsafat pendidikan Islam terhadap kurikulum |
Tinjauan filsafat pendidikan Islam terhadap kurikulum a. Pengertian kurikulum pendidikan Islam b. Cakupan kurikulum c. Asas-Asas kurikulum pendidikan Islam d. Kriteria kurikulum pendidikan Islam |
|
11 dan
12 |
Mahasiswa memahami esensi metode dalam perspektif filsafat pendidikan Islam |
Esensi metode dalam perspektif filsafat pendidikan Islam a. Metode pendidikan dalam lingkup makro b. b. Metode pendidikan dalam lingkup mikro |
|
13 dan 14 |
Mahasiswa memahami perbedaan pendidikan Islam dan pendidikan Barat dari sudut pandang metode keilmuan |
Perbedaan pendidikan Islam dan pendidikan Barat dari sudut pandang metode keilmuan; a. Sumber dan metode epistimologi Barat b. Sumber dan metode epistimologi Islam |
|
15 |
Mahasiswa memahami pembaharuan pendidikan Islam |
Pembaharuan pendidikan Islam a. Tradisi intelektual Islam b. Esensi pendidikan Islam c. Pendidikan tinggi Islam |
Daftar Kepustakaan
Al-Faruqi, Ismail Raji (Ed). Historical Atlas of the Religions of the World, New York: Macmillan co. inc. 1974.
………..., Islamization of Knowledge: the General Principles and the Workplan dalam Knowledge for what?, Islamabad-Fakistan: National Hijra Council, 1986.
………..., Tauhid. Its Implications for Thought and Life. Wynccote USA: The Intenational Institute of Islamic Thought, 1982.
Al-Rasyidin dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoretis dan Prakts, Jakarta; Ciputat Press, 2005.
Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
Harold H.Titus, Persoalan-Persoalan Filsafat, Jakarta: Penerbit Bulan Bintang. 1984.
Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan, Suatu Analisa Psikologi, Filsafat dan Pendidikan, Cet, ke 2, Jakarta, al-Husna, 1988.
…………, Asas-Asas Pendidikan Islam, cet ke 2, Jakarta: al-Husna, 1988,
Muhaimin dan Abd. Mudjib, Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofik dan Kerangka Dasar Operasionalnya, Bandung: Triguna Karya, 1993.
Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, cet. Ke 4, 2009.
Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2003.
Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.
Omar Mohammad al-Toumi al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Redja Mudyaharjo, Filsafat Ilmu Pendidikan, Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Thoha, Nashruddin, Tokoh-Tokoh Pendidikan Islam di Jaman Jaya, Jakarta: Mutiara, 1979.
Wafi, Ali Abdul Wahid, Ibn Khaldun Riwayat dan Karyanya, terj. Ahmadie Thoha, Jakarta: Grafiti Press, 1985.
Wan Mohd Nor Wan Daud, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed. M. Naquib al-Attas, terj. Hamid Fahmi, dkk., Bandung: 2003.
Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1998.
Sumber-Sumber Sekunder:
Ahmed, Akbar S. Posmodernisme Bahaya dan Harapan Bagi Islam, Bandung: Mizan, 1993.