Tuesday, October 18, 2022

DOWNLOUD RPP 1 LEMBAR MATERI PAI KELAS VII SEMESTER 1

 DOWNLOUD RPP 1 LEMBAR MATERI PAI KELAS VII SEMESTER 1

RENCANAPELAKSANAANPEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan         : SMPN xxxxxxxxx

Mata Pelajaran               : PAI dan BP

Kelas/Semester              : VII / 1 (Ganjil)

Alokasi Waktu               : 3 x 3 JP @40 Menit

MateriPokok                   :Berempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indah

 

A.      TUJUANPEMBELAJARAN
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

·         Menunjukkan contoh perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. an-Nisã'/4:8.

·         Menampilkan perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. an-Nisã'/4:8.

·         Menyebutkan arti tentang perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. an-Nisã'/4:8.

·         Menjelaskan makna perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. an-Nisã'/4:8.

·         Menunjukkan contoh perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait.

·         Menampilkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait.

·         Menyebutkan arti tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait.

·         Menjelaskan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait.

 

B.      MEDIA PEMBELAJARAN, ALAT DAN SUMBER BELAJAR

·         Media                           : STUDYSASTER merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikan                                                     pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajar.

·         Alat dan bahan           : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop, infocus dan Slide presentasi (ppt)

·         Sumber belajar          : Buku PAI Kelas VII Kurikulum 2013, Kemendikbud, Internet websiteedukasi.com

C.LANGKAH-LANGKAHPEMBELAJARAN

KEGIATAN

Pendahuluan (15 menitt)

Melakukanpembukaandengansalampembukadanberdoauntukmemulaipembelajaran,memeriksakehadiran pesertadidiksebagaisikapdisiplin

Mengaitkanmateri/tema/kegiatanpembelajaranyangakandilakukandenganpengalamanpesertadidikdenganmateri/tema/kegiatansebelumnyasertamengajukanpertanyaanuntukmengingatdanmenghubungkandenganmateriselanjutnya.

Menyampaikanmotivasitentangapayangdapatdiperoleh(tujuan&manfaat)denganmempelajarimateri:Berempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indah.

Menjelaskanhal-halyangakandipelajari,kompetensiyangakandicapai,sertametodebelajaryangakanditempuh,

Inti (160 menit)

Kegiatan Literasi

PesertadidikdiberimotivasiataurangsanganuntukmemusatkanperhatianpadatopikmateriBerempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indah dengancaramelihat,mengamati,membacamelaluitayanganyangditampilkan.

CriticalThinking

GurumemberikankesempatanpadapesertadidikuntukmengidentifikasisebanyakmungkinpertanyaanyangberkaitandengangambaryangdisajikandanakandijawabmelaluikegiatanbelajarkhususnyapadamateriBerempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indahtentang Berempati, Menghormati Orang Tua Kita dan Menghormati Guru.

Collaboration

Pesertadidikdibentukdalambeberapakelompokuntukmendiskusikan,mengumpulkaninformasi,mempresentasikanulang,dansalingbertukarinformasimengenaiBerempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indahtentang Berempati, Menghormati Orang Tua Kita dan Menghormati Guru.

Communication

Pesertadidikmempresentasikanhasilkerjakelompokatauindividusecaraklasikal,mengemukakanpendapatataspresentasiyangdilakukankemudianditanggapikembaliolehkelompokatauindividuyangmempresentasikan

Creativity

Gurudanpesertadidikmembuatkesimpulantentanghal-halyangtelahdipelajariterkaitBerempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indahtentang Berempati, Menghormati Orang Tua Kita dan Menghormati Guru Pesertadidikkemudiandiberikesempatan untukmenanyakankembalihal-halyangbelumdipahami

 

Penutup

(15 menit)

Guru bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru memberikan penguatan terhadap materi yang sudah dipelajari dengan memberikan penugasan dan menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya, serta diakhiri salam penutup.

 

D.      PENILAIANHASILPEMBELAJARAN

1.        PenilaianSikap:Observasidalamprosespembelajaran

2.        PenilaianPengetahuan:Teslesandantestulisbentukuraian

3.        PenilaianKeterampilan:Praktek

 

 


 

No comments:

Post a Comment

ads