DOWNLOUD RPP 1 LEMBAR MATERI PAI KELAS VII SEMESTER 1
RENCANAPELAKSANAANPEMBELAJARAN (RPP)
|
Satuan Pendidikan : SMPN xxxxxxxxx Mata Pelajaran : PAI dan BP |
Kelas/Semester : VII / 1 (Ganjil) Alokasi Waktu : 3 x 3 JP @40 Menit |
|
MateriPokok :Berempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indah |
|
A.
TUJUANPEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
· Menunjukkan contoh perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. an-Nisã'/4:8.
· Menampilkan perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. an-Nisã'/4:8.
· Menyebutkan arti tentang perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. an-Nisã'/4:8.
· Menjelaskan makna perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. an-Nisã'/4:8.
· Menunjukkan contoh perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait.
· Menampilkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait.
· Menyebutkan arti tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait.
· Menjelaskan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait.
B. MEDIA PEMBELAJARAN, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
· Media : STUDYSASTER merupakan sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikan pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan tujuan meningkatkan minat siswa belajar.
· Alat dan bahan : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop, infocus dan Slide presentasi (ppt)
· Sumber belajar : Buku PAI Kelas VII Kurikulum 2013, Kemendikbud, Internet websiteedukasi.com
C.LANGKAH-LANGKAHPEMBELAJARAN
|
KEGIATAN |
|
|
Pendahuluan (15 menitt) |
Melakukanpembukaandengansalampembukadanberdoauntukmemulaipembelajaran,memeriksakehadiran pesertadidiksebagaisikapdisiplin |
|
Mengaitkanmateri/tema/kegiatanpembelajaranyangakandilakukandenganpengalamanpesertadidikdenganmateri/tema/kegiatansebelumnyasertamengajukanpertanyaanuntukmengingatdanmenghubungkandenganmateriselanjutnya. |
|
|
Menyampaikanmotivasitentangapayangdapatdiperoleh(tujuan&manfaat)denganmempelajarimateri:Berempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indah. |
|
|
Menjelaskanhal-halyangakandipelajari,kompetensiyangakandicapai,sertametodebelajaryangakanditempuh, |
|
|
Inti (160 menit) |
|
|
Kegiatan Literasi |
PesertadidikdiberimotivasiataurangsanganuntukmemusatkanperhatianpadatopikmateriBerempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indah dengancaramelihat,mengamati,membacamelaluitayanganyangditampilkan. |
|
CriticalThinking |
GurumemberikankesempatanpadapesertadidikuntukmengidentifikasisebanyakmungkinpertanyaanyangberkaitandengangambaryangdisajikandanakandijawabmelaluikegiatanbelajarkhususnyapadamateriBerempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indahtentang Berempati, Menghormati Orang Tua Kita dan Menghormati Guru. |
|
Collaboration |
Pesertadidikdibentukdalambeberapakelompokuntukmendiskusikan,mengumpulkaninformasi,mempresentasikanulang,dansalingbertukarinformasimengenaiBerempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indahtentang Berempati, Menghormati Orang Tua Kita dan Menghormati Guru. |
|
Communication |
Pesertadidikmempresentasikanhasilkerjakelompokatauindividusecaraklasikal,mengemukakanpendapatataspresentasiyangdilakukankemudianditanggapikembaliolehkelompokatauindividuyangmempresentasikan |
|
Creativity |
Gurudanpesertadidikmembuatkesimpulantentanghal-halyangtelahdipelajariterkaitBerempati Itu Mudah, Menghormati Itu Indahtentang Berempati, Menghormati Orang Tua Kita dan Menghormati Guru Pesertadidikkemudiandiberikesempatan untukmenanyakankembalihal-halyangbelumdipahami |
|
|
|
|
Penutup (15 menit) |
Guru bersama peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru memberikan penguatan terhadap materi yang sudah dipelajari dengan memberikan penugasan dan menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya, serta diakhiri salam penutup. |
|
D. PENILAIANHASILPEMBELAJARAN
1. PenilaianSikap:Observasidalamprosespembelajaran
2. PenilaianPengetahuan:Teslesandantestulisbentukuraian
3. PenilaianKeterampilan:Praktek