Wednesday, March 15, 2023

 https://symfonia.iaiqi.ac.id/index.php/symfonia/article/view/7/6

 

 


Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Menanamkan Nilai

Kesabaran Pada Anak Usia Dini Di KB Mawar Indah

Muara Penimbung Ulu

 

Zainuddin1, Rini Nopriyanti2


1


Dosen, Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya


2


Mahasiswa, Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah (IAIQI) Indralaya


Email: z.nudien@gmail.com, Maziyaafra@gmail.com

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio visual dalam

menanamkan nilai kesabaran pada anak di KB Mawar Indah. Adapun pengumpulan data

yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, data yang

terkumpul kemudian di analisa dengan metode analis data diantaranya dengan mereduksi

data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa

penerapan media audio visual    menjadi alat bantu guru dalam pembelajaran di rumah,

sehingga dapat mempermudah guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Maka

dari itu, strategi penerapan media audio visual di KB Mawar Indah Muara Penimbung ulu,

diantaranya : petama; Guru mengirim video animasi dengan judul “anak sabar di sayang

Allah” kedua: Guru menanyai anak apakah selama menunggu video terkirim ada yang

marah-marah atau menunggu dengan bersabar, ketiga; Guru menjelaskan kepada anak

bahwa bersabar itu adalah sifat yang baik, keempat; guru menghargai sifat sabar yang di

tunjukkan anak dengan cara menguatkan melalui kalimat contohnya,”Terima kasih sudah

sabar menunggu video nya terkirim tanpa marah-marah”

 

Kata Kunci: Media Audio Visual, Nilai Kesabaran, dan KB Mawar Indah

 

Abstract

 

This study aims to determine the application of audio-visual media in instilling the value of

patience in children in KB Mawar Indah. The data collection used in this study are observation,

interviews, documentation, the data collected and then analyzed by data analysis methods

including reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results showed that the

application of audio-visual media became a teacher's tool in learning at home, so that it could

facilitate teachers and students in the teaching and learning process. Therefore, the strategies for

implementing audio-visual media at KB Mawar Indah Muara Penimbung ulu, include: first; The

teacher sends an animated video with the title “the child is patient in the love of Allah” second:

The teacher asks the child whether while waiting for the video to be sent someone is angry or

waiting patiently, third; The teacher explains to the child that being patient is a good trait,

fourth; the teacher appreciates the patient nature shown by the child by strengthening it through

sentences, for example, "Thank you for being patient waiting for the video to be sent without

getting angry"

 

Keywords: Audio Visual Media, The Value of Patience, and Mawar Indah Family Planning

 

77


Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Menanamkan Nilai Kesabaran Pada Anak Usia Dini

Di KB Mawar Indah Muara Penimbung Ulu

Zainuddin, Rini Nopriyanti

 

PENDAHULUAN

Pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan yang mendahului pendidikan

tingkat dasar dan merupakan pekerjaan pembinaan bagi anak sejak lahir sampai dengan

usia enam tahun. Penyeleggaraan pendidikan ini menitik beratkan pada beberapa hal

diantaranya; perkembangan moral dan agama, Perkembangan fisik (koordinasi motorik

kasar dan halus), sosioemosional (sikap dan emosi), kecerdasan/kognisi (kemampuan

berpikir, kreativitas), bahasa dan komunikasi menurut kelompok umur sesuai dengan

keunikan dan tahap perkembangannya (Madyawati, 2017: 2).

Pandemi penyakit coronavirus 2019 (Covid-19) adalah krisis kesehatan terpenting

yang dihadapi dunia saat ini. Di masa pandemi saat ini, banyak hal yang belum pernah

terjadi sebelumnya sehingga membawa sedikit kesulitan tersendiri. Misalnya, penutupan

bandara, penutupan tempat wisata, penutupan sekolah dari sekolah dasar hingga

universitas, penutupan toko, penerapan work from home (WFH), dll (Purwanto, 2020: 1).

Berdasarkan fenomena tersebut, maka salah satu upaya pemerintah untuk mencegah

penyebaran Covid 19 adalah dengan menerapkan kebijakan untuk mengalihkan semua

kegiatan pendidikan dan menerapkan proses pendidikan alternatif bagi siswa dengan

menerapkan belajar secara online atau di rumah. Direktur Eksekutif United Nations

Emergency Children’s Fund (UNICEF) telah meminta pemerintah untuk mengakui

bahwa "anak-anak adalah korban yang tidak terlihat", dengan mempertimbangkan

dampak jangka panjang dan jangka pendek pada kesehatan, kesejahteraan, perkembangan

dan masa depan anak-anak (Unicef, 2020). Kenyataannya, bagaimanapun, adalah bahwa

belajar dari rumah atau belajar daring sebenarnya membuat anak-anak bosan.

Pembelajaran daring pastinya akan membawa kebosanan dan stres pada anak di

masa pandemi yang mengharuskan orang tua dan anak untuk berada di rumah sepanjang

waktu.      Pandemi      yang      sedang      berlangsung        telah      memungkinkan        pembelajaran

berlangsung di rumah melalui media audio-visual, memanfaatkan media yang ada (seperti

WhattsApp Group) atau menggunakan aplikasi confference (seperti Zoom Meeting,

Webex, dan Google Meeting, Facebook Messenger, dll), hanya saja muncul masalah baru

bagi guru, dan orang tua anak, karena pada usia dini pada dasarnya tidak cukup

kemampuan untuk menguasai teknologi, dan anak-anak tidak dapat fokus belajar

menggunakan media audio-visual. Pada usia ini, anak harus belajar langsung dan

berinteraksi di sekolah.

 

78                                                                      Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 1, Juni 2021


Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Menanamkan Nilai Kesabaran Pada Anak Usia Dini

Di KB Mawar Indah Muara Penimbung Ulu

Zainuddin, Rini Nopriyanti

 

Pengajaran dengan menggunakan media audio visual bercirikan dengan gambar dan

suara, maksudnya penggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan

pendengaran, tetapi seringkali anak tidak dapat bersabar dan tidak fokus dalam belajar

menggunakan media ini. Anak harus mulai diajarkan untuk bersabar sejak usia dini baik

guru maupun orang tua dapat mengajarkan anak untuk bersabar melalui kegiatan atau

aktivitas sehari-hari anak. Diharapkan penggunaan media audio visual ini dapat

menanamkan nilai kesabaran anak dan membawa perubahan dalam diri anak, dimana

dalam penggunaan media audio visual tersebut dapat memancing anak untuk

menumbuhkan rasa peduli terhadap orang lain, rasa empati dan kemampuan

bersosialisasi, sehingga mendapatkan hasil yang meningkat.

 

PEMBAHASAN

1.         Media Audio Visual

Media berasal dari bahasa latin medius yang berarti sarana, perantara, atau

pengantar yang digunakan oleh manusia dalam hal ini guru dan peserta didik untuk

menyampaikan ide, gagasan, atau pendapat sehingga sampai kepada penerima yang

dituju (Arsyad, 2005: 4, Darman, t.th: 6). Dale mengatakan media Audio Visual adalah

media pengajaran dan media pendidikan yang mengfungsikan mata dan telinga peserta

didik selama proses belajar mengajar berlangsung (Arsyad, 2005: 4). Maka dari itu,

media Audio Visual yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga

mengandung unsur gambar yang dapat dilihat, seperti rekaman video, berbagai ukuran

film, slide suara, dan lain sebagainya. Media audio visual juga di pandang sebagai sebuah

media yang menjadi dasar perkembangan kemampuan permulaan membaca anak,

berinteraksi, berkomunikasi, kreatif, berimajinasi, memecahkan masalah dan bercakap-

cakap secara bebas, dan memperoleh pengalaman yang menyenangkan.

Adapun media audio visual merupakan perpaduan antara audio dan visual. Audio

merupakan suara yang dapat didengar sedangkan visual suatu yang dapat di lihat. Audio

visual sebagaimana yang dikatakan syaiful bahri dan Aswin Zain merupakan media yang

mempunyai unsur-unsur suara dan gambar. Sedangkan menurut azhar                   adalah cara

menyampaian materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronik untuk

menyampaikan informasi berupa audio dan visual (Arsyad, 2002: 89).

Dilihat dari fungsinya, media audio visual memiliki beberapa fungsi diantaranya 1)

 

 

Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 1, Juni 2021                                                                          79


Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Menanamkan Nilai Kesabaran Pada Anak Usia Dini

Di KB Mawar Indah Muara Penimbung Ulu

Zainuddin, Rini Nopriyanti

 

menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pembelajaran

yang terkait dengan materi yang ditampilkan, yang berupa teks materi dan gambar untuk

mengarahkan perhatian siswa. Dengan demikian, kemungkinan untuk memperoleh dan

mengingat isi pelajaran semakin besar (Arsyad, 2009: 3-7). 2) memiliki fungsi afektif

yang dapat memberikan kenikmatan belajar siswa. 3) memiliki fungsi kognitif sehingga

siswa dapat mudah mengingat iformasi atau pesan yang disampaikan. 4) fungsi

kompensatoris yang dapat membantu siswa yang lemah dalam membaca, sehingga siswa

mudah untuk mengingatnya kembal (Arsyad, 2009: 16-17). Selain itu, fungsi dari media

pembelajaran diantaranya; 1) menangkap obyek atau peristiwa-peristiwa tertentu, 2)

memanipulasi keadaan, peristiwa, atau obyek tertentu, 3) menambah gairah dan motivasi

belajar siswa (Susanti & Zainuddin, 2021: 1-21).

 

 

2.         Nilai-Nilai Kesabaran Pada Anak Usia Dini

Sabar menurut etimologi berasal dari bahasa arab shabara” yang artinya bersabar,

tabah hatinya, berani (Yunus, 1973: 211). Sedangkan secara terminologi sabar adalah

menahan diri dari segala sesuatu yang tidak baik, dikarenakan mengharap ridha Allah

(Al-Munajjid, 2006: 347). Sabar adalah tahan menghadapi cobaan (tidak mudah marah,

tidak mudah putus asa, tidak mudah patah hati) tabah, tenang, tidak tergesa-gesa, tidak

terburu nafsu. Menurut al-Jauziyah (2003: 206) sabar adalah menahan diri dari berkeluh

kesah, dan menahan diri dari berbuat kekacauan. Sabar merupakan perwujudan seseorang

akan konsistensi dirinya dalam memegang prnsip-prinsip yang telah                      ditetapkan

sebelumnya (Muhammad, 2002: 44). Bukan hanya pada saat seseorang ditimpa musibah,

melainkan ketika ia mendapat nikmat dari Allah dan selalu berprasangka baik kepada

Allah dan tidak pernah mengeluh serta selalu bersyukur terhadap apa yang telah

ditimpakan        kepada      hambanya,dengan         tujuan       mengharapkan        ridha-Nya       untuk

kebahagiaan dunia dan akhirat. Untuk itu, anak anak harus mulai diajarkan untuk

bersabar sejak usia dini dan guru dapat mengajarkan anak untuk bersabar melalui

kegiatan atau aktivitas sehari-hari anak.

Penanaman nilai-nilai kesabaran harus dimulai sejak anak usia dini, dan guru

dapat mengajarkan anak untuk bersabar melalui kegiatan atau aktivitas sehari-hari anak

misalnya: 1) Mengucapkan salam baik sebelum dan sesudah pembelajaran di mulai. 2)

Menanyakan kabar anak dan menanyakan kegiatan anak hari ini. 3) Ajak anak bernyanyi

 

80                                                                      Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 1, Juni 2021


Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Menanamkan Nilai Kesabaran Pada Anak Usia Dini

Di KB Mawar Indah Muara Penimbung Ulu

Zainuddin, Rini Nopriyanti

 

sebelum pembelajaran di mulai. 4) Mendengarkan keluh kesah anak selama menunggu

giliran. 5) Menerapkan sikap sabar saat menunggu giliran. 6) Menghargai sikap sabar

yang di tunjukkan anak dengan cara menguatkan melalui kalimat contohnya,”Terima

kasih sudah sabar menunggu video nya terkirim tanpa marah-marah” Dengan                   cara

melatih anak membiasakan hal-hal yang baik, bertingkah laku sopan, baik dalam

perilaku keseharian maupun dalam bertutur kata. Melalui contoh yang ditunjukkan

kepada anak, maka anak akan melihat dan mencontoh apa yang dilakukan oleh guru

(Ali, 2011: 368-369).

Sabar merupakan komponen utama untuk mencari ilmu maupun mengajarkan ilmu,

sabar harus diajarkan pada diri siswa, karena sabar merupakan akhlak mulia dari dalam

diri individu yang harus dipupuk dan diajarkan karena dengan sifat sabar bisa menjadikan

siswa dalam berprilaku dengan sesame. Adapun langkah-langkah dalam menanamkan

nilai kesabaran pada anak di KB Mawar Indah Desa Muara Penimbung Ulu diantaranya

yaitu; 1) Memberi pengertian kepada anak bahwa bersabar adalah sifat yang baik. 2)

Melatih anak untuk bersabar menunggu. 3) Membiasakan anak bertanggung jawab

dengan apa yang ia perbuat. 4) Selalu memuji dan menghargai sifat sabar yang di

tunjukkan anak.

 

3.         Penerapan Media Audio Visual dalam Menanamkan Nilai Kesabaran pada

Anak usia Dini

KB Mawar Indah didirikan pada tahun 10 April 2007. Pada mulanya nama lembaga

adalah KB Mawar, kemudian berubah menjadi KB Mawar Indah, KB ini didirikan

dengan berlatar belakang dari Program Ketua PKK Kabupaten Ogan Ilir Ibu Ny. Fauziah

Mawardi Yahyah yang pada saat itu masih menjabat ketua Tim Pkk Kabupaten.Ini

didasari Keprihatinan dan latar belakangnya sebagai seorang Pendidik. Beliau sangat

prihatin melihat anak-anak usia 4-6 tahun yang belum tersentuh. pendidikan usia dini.

Maka dari itu di bentuklah “Program satu Desa satu KB” di Kabupaten Ogan Ilir

(Dokumentasi KB Mawar Indah, 2021). Pada saat itu, ketua PKK desa diketuai oleh Ny.

Komariah Samuro Soib dan dibentuklah KB yang bernama KB Mawar Indah yang di

kelolah oleh Ny. Kasmawarsita dan sampai sekarang masih aktif. KB Mawar Indah terus

berbenah dan mengembangkan diri dengan mengikuti pelatihan dan belajar mandiri

Perubahan di lakukan dari pembelajaran klasikal hingga menerapkan kurikulum 2013

 

 

Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 1, Juni 2021                                                                          81


Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Menanamkan Nilai Kesabaran Pada Anak Usia Dini

Di KB Mawar Indah Muara Penimbung Ulu

Zainuddin, Rini Nopriyanti

 

hingga sekarang.

Di masa pandemi COVID-19, kegiatan belajar berubah, termasuk di KB Mawar

Indah Muara Penimbung Ulu yang seharusnya pembelajaran tatap muka secara langsung,

tetapi selama COVID-19, diganti dengan belajar dari rumah demi memutus mata rantai

COVID-19 tersebut terutama penyebaran COVID-19 di dunia pendidikan. Untuk

memperlancar pelaksanaan pembelajaran di rumah, harus ada kerjasama yang baik antara

orang tua dan guru untuk perkembangan anak yang baik. Suasana belajar dari rumah dan

di sekolah tentu sangat berbeda di sekolah proses belajar sangat mendukung

dibandingkan belajar di rumah hal ini didukung dengan suasana dimana kegiatan belajar

disekolah dilakukan bersama dengan guru yang memiliki berbagai cara dan pengalaman

dalam mengajak anak untuk belajar, sedangkan belajar dari rumah guru tidak bisa

bertemu langsung dengan peserta didik.

Dengan demikian guru dituntut mampu merancang dan mendesain pembelajaran

daring yang ringan dan efektif, dengan memanfaatkan perangkat atau media daring yang

tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Walaupun dengan pembelajaran daring

akan memberikan kesempatan lebih luas dalam menjelaskan materi yang akan diajarkan,

namun guru harus mampu memilih dan membatasi sejauh mana cakupan materinya dan

aplikasi yang cocok pada materi dan media belajar yang digunakan. Hal yang paling

sederhana dapat dilakukan oleh guru bisa dengan memanfaatkan WhatsApp Group, Zoom

Meeting dan YouTube. Aplikasi WhatsApp cocok digunakan bagi guru dan orang tua,

karena pengoperasiannya sangat simpel dan mudah diakses.

Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan penggunaan media audio visual di

KB Mawar Indah terdiri dari tiga langkah: 1) Pesiapan Pembelajaran, guru harus

mempersiapkan nya dengan matang, baik itu dari pembuatan RPPH, alat dan bahan untuk

pembuatan video dan mengatur durasi waktu dalam pembuatan video. 2) Pelaksanaan

Pembelajaran,       dalam       melaksanakan        pembelajaran       guru       mengabsen       kehadiran,

menanyakan kabar, menjelaskan tentang pembelajaran yang akan di pelajari, dan

menggambar sesuai dengan video yang guru buat sebelumnya. 3) Evaluasi Pembelajaran,

setelah semua proses pembelajaran selesai dilaksanakan guru membuat penilaian bagi

anak.

Dalam menggunakan media audio visual, guru harus mempersiapkan bahan materi

yang dibuat sendiri berdasarkan tema dan sub tema yang sudah di tetapkan. Misalnya di

 

82                                                                      Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 1, Juni 2021


Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Menanamkan Nilai Kesabaran Pada Anak Usia Dini

Di KB Mawar Indah Muara Penimbung Ulu

Zainuddin, Rini Nopriyanti

 

bulan ini tema lingkungaku dan sub tema nya masjid guru bisa membuat video

pembelajaran dan dikirim melalui WhatsApp Group yang telah guru buat tentunya ada

alat dan media pendukung lain yang menjadi pembelajaran itu berjalan lancar contohnya

alat tulis, buku gambar, gunting, kertas warna/origami,lem/alat yang digunakan untuk

menempel dan alat pendukung pembelajaran lain nya, sehingga ketika ada hal-hal yang

menjadi kendala ketika proses pembelajaran berlangsung guru sudah siap dapat

mengatasinya.

Sementara itu, strategi penerapan media audio visual dalam menanamkan nilai

kesabaran anak di KB Mawar Indah Desa Muara Penimbung Ulu dilakukan dengan 4

tahap, yaitu; 1) Guru mengirim video animasi dengan judul “anak sabar di sayang Allah”

2) Guru menanyai anak apakah selama menunggu video terkirim ada yang marah-marah

atau menunggu dengan bersabar. 3) Guru menjelaskan kepada anak bahwa bersabar itu

adalah sifat yang baik. 4) Guru menghargai sifat sabar yang di tunjukkan anak dengan

cara menguatkan melalui kalimat contohnya,”Terima kasih sudah sabar menunggu video

nya terkirim tanpa marah-marah”

 

 

SIMPULAN

Penerapan Media Audio Visual dalam Menanamkan Nilai Kesabaran Anak Selama

Belajar dari Rumah di KB Mawar Indah Desa Muara Penimbung Ulu membawa banyak

perubahan terkait metode dan perubahan pola pembelajaran. Semula pembelajaran

dilaksanakan secara tatap muka, namun ketika pandemic covid 19 terjadi, pembelajaran

berubah menjadi belajar dari tumah atau belajar dengan menggunakan media online. Hal

ini memiliki dampak terhadap guru, peserta didik dan orang tua, untuk dapat

menyesuaikan dengan media yang ada. Pada mulanya pembelajaran dari rumah dengan

menggunakan media online cukup menyulitkan bagi guru dan peserta didik. Hanya saja

seiring berjalannya waktu pembelajaran dapat berjalan dengan baik dikarenakan mereka

sudah menjalankan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran semaksimal mungkin

sesuai dengan kurikulum yang ada, guru sudah berusaha untuk memberikan yang terbaik

untuk peserta didik dan sekolah mulai dari pemilihan media yang mudah di gunakan,

cara menggunakan media tersebut dan penerapan nya selama belajar dari rumah.

 

 

 

 

 

Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 1, Juni 2021                                                                          83


Strategi Penerapan Media Audio Visual Dalam Menanamkan Nilai Kesabaran Pada Anak Usia Dini

Di KB Mawar Indah Muara Penimbung Ulu

Zainuddin, Rini Nopriyanti

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Al-Munajjid, Muhammad bin Shalih. Silsilah Amalan Hati. Bandung: Irsya Baitus Salam,

2006

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran, cet.6, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005

Arsyad, Azhar. Media Pengajaran, Jakarta: Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002

Darman, Arief S. et. Al. Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan dan

Pemanfaatannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Daud Ali, Muhammad. Pendidikan Agama Islam. Jakarta, PT, Raja Grafindo Persada,

2011

Jauziyah, Ibnu Qayyim. Madarijus Salikin, Pendakian Menuju Allah: Penjabaran

Konkrit: Iyyaka Na'budu wa Iyyaka Nasta'in. Terj. Kathur Suhardi, Jakarta,

Pustaka al-Kautsar, 2003

Madyawati, Lilis, Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak, Jakarta: PT Kharisma

Putra Utama, 2017

Muhammad, Hasyim. Dialog Antara Tasawuf dan Psikologi, Yogyakarta : Anggota

IKAPI, 2002

Purwanto, Agus Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses

Pembelajaran Online di Sekolah Dasar “. Volume 2 Nomor 1 2020

Susanti, A., & Zainuddin, Z. (2021). Penggunaan Media Audio-Visual untuk

Meningkatkan Kemampuan Maharah Kalam pada Siswa Kelas X Ips 2 SMAN 1

Tanjung Lago. Jurnal LUGHOTI, 2(02), 1-21.

UNICEF. “COVID-19 dan Anak-anak di Indonesia. Agenda Tindakan untuk Mengatasi

Tantangan Sosial Ekonomi.”, Jakarta : National Nations Children’s find. 2020

Yunus, Mahmud. Kamus Arab Indonesia (Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah

Penafsiran Al-Quran, 1973), 211


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


84                                                                      Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 1, Juni 2021

 

ads